Daripada Ribut Kenaikan BBM Mending Yuk Baca Ini Dulu



Sering kali saya dengar banyak orang mengeluh tentang kenaikan harga BBM.Kalau menurut saya tidak ada salahnya Pemerintah menaikanharga,berikut alasannya kenapa kita harus mendukung kenaikan harga BBM ini yang saya ambil dari komentar  teman saya Aank Jaffar

BBM adalah senyawa hidrokarbon yang dibentuk dari proses yang berlangsung dalam skala waktu geologis. Dalam skala kehidupan manusia, BBM praktis merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Artinya, suatu saat nanti akan habis dan sebelum habis harganya akan terus meningkat. Jika BBM disubsidi dengan sistem harga retail tetap, maka besar subsidi sudah pasti akan terus membesar. Fakta ini adalah kenyataan hukum alam.
Subsidi BBM akan menghasilkan anggaran belanja negara yang defisit. Akhirnya akan berimbas kepada semakin banyaknya hutang negara atau nilai tukar rupiah yang semakin melemah. Jika subsidi dipertahankan, efeknya akan jauh lebih memberatkan rakyat daripada jika subsidi dihapuskan.

1. Pengguna BBM terbesar adalah orang kaya, jadi sebenarnya yg akan menikmati subsidi BBM adalah mereka, rakyat marginal tidak dapat melihat sesuatu yang berakibat buruk yg akan terjadi bagi mereka kedepan, terutama untuk jangka panjang. Sebagian besar rakyat menuntut BBM disubsidi, tetapi mereka tidak mengerti bahwa subsidi BBM kelak akan memberatkan mereka.

2. Memang benar penghapusan subsidi akan membuat harga-harga melonjak dalam jangka pendek. Tetapi dana subsidi lebih baik dialokasikan benar-benar untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Misalnya dengan meningkatkan alokasi dana pendidikan, investasi usaha kecil atau pembangunan infrastruktur. Dalam jangka panjang, realokasi subsidi energi ke sektor lainnya ini akan berdampak positif bagi masyarakat ketimbang dengan mempertahankan subsidi energi.

3. Adanya subsidi membuat infrastruktur transportasi masal menjadi tidak sekompetitif di negara lain. Akibatnya masyarakat memilih menggunakan mobil pribadi ketimbang menggunakan transportasi masal, toh harganya tidak jauh berbeda. Akibatnya kota-kota besar penuh dengan kemacetan yang juga merupakan salah satu sumber pemborosan energi.

4. BBM, gas alam dan batu bara adalah bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil adalah sumber energi yang tak dapat diperbaharui. Efeknya pada suatu saat sumber energi ini akan habis. Selain itu harganya juga akan selalu bergerak naik karena penawaran (supply) yang akan selalu berkurang. Akibatnya subsidi bahan bakar fosil semakin lama akan semakin memberatkan APBN Indonesia.

Mensubsidi BBM itu ibaratnya seperti 'memberi ikan’ kepada rakyat, sedangkan mensubsidi pendidikan itu seperti ‘memberi kail’ kepada rakyat. Dengan subsidi pendidikan daya beli masyarakat akan terangkat, ujung-ujungnya pendapatan negara akan terangkat juga.

Mana yg kita pilih?
kalau saya pribadai lebih memilih menaikan harga BBM hanya saja salahnya adalah kenapa dari dulu PDIP tidak melakukan ini di jaman pemerintahan SBY dulu.Inilah yang menyebabkan kekecewaan sebagian besar orang yang sudah mendukung PDIP karena ketidak konsistenan mereka.Jika saja dari dulu mereka memilih membela SBY ketika melakukan penaikan harga BBM mungkin akan beda lagi jalan ceritanya.Yah seperti itulah politik,tidak ada dukungan abadi,yang ada hanya dukungan terhadap kepentingan.Semoga dengan ini rakyat bisa belajar untuk dapat memilih pemimpin mereka selanjutnya.

0 Response to "Daripada Ribut Kenaikan BBM Mending Yuk Baca Ini Dulu"

Posting Komentar