Ternyata motor honda beat F1 atau Honda beat POP tidak boleh dipergunakan ketika hujan

Ternyata dibalik tampilan honda beat dan honda POP yang menawan terdapat kelemahan yang bisa membuat kita geleng kepala.

Saya sudah menggunakan motor honda beat FI hampir 2 tahun.selama ini jar.ng sekali saya pergunakan ketika musim hujan karena sayang takut motornya kotor,Lelah nyucinya :D.


Honda beat FI dan Honda pop


Baru beberapa minggu ini saya terpaksa menggunakan motor saya di kala musim hujan karena cuaca saat ini tidak menentu,terkadang panas tapi beberapa jam berikutnya langsung hujan.Sering sekali saya harus menerubos hujan untuk sampai ditujuan.Setelah beberapa hari saya pakai motor honda beat FI saya ketika hujan,mulai terasa tarikan motor yang semula enteng menjadi berat,karena dirasa sudah sangat mengganggu aktifitas saya akhirnya saya bawa motor honda beat FI saya ke bengkel salah seorang kenalan.

Awalnya saya tidak menaruh curiga akan tetapi setelah motor saya dibongkar dan filter udaranya dilepas,alangkah kagetnya saya ternyata didalamnya sudah penuh dengan air dan juga pasir,padahal saya tidak pernah melewati genangan air yang dalam sehingga tidak mungkin filter udara di motor honda beat FI saya akan terkena air.Selang beberapa lama setelah motor saya diperbaiki datang salah satu konsumen yang menggunakan Honda beat POP,ternyata setelah dibongkar kejadian yang sama terulang,Filter udara motor tersebut sama ,penuh dengan air dan pasir.


Awalnya saya kira hanya kejadian biasa karena mungkin saya lupa kalau pernah menerobos genang air yang dalam hingga bisa memungkinkan air masuk kedalam filter udara motor honda beat FI saya,Akan tetapi setelah beberapa lama kejadian tersebut terulang lagi,selang 2 minggu setelah perawatan motor saya kembali ngadat dan setelah dibongkar hal yang sama terulang lagi,Disaringan udara motor honda Beat FI saya penuh dengan air lagi,sehingga udara yang masuk terganggu dan menyebabkan tarikan mesin menjadi berat.


Rasa penasaran saya mulai tumbuh dan setelah selesai melakukan perbaikan saya beranikan diri membongkar dan mencari permasalahan yang terjadi pada motor honda beat saya.Ternyata akar permasalahannya adalah pada cover saringan udara,ada lubang untuk udara masuk yang tidak terlindungi,Posisi lubang udara itu dibagian bawah sehingga memungkinkan terkena percikan air ketika kita berkendara di kondisi hujan.Semakin sering kita pergunakan motor honda beat FI ketika hujan,semakin besar kemungkinan air akan masuk memenuhi saringan udara melalui lubang udara dari cover,Hal ini tidak akan jadi masalah jika pemilik motor honda beat FI rutin melakukan perawatan sehingga akan mengurangi resiko timbunan air didalam filter udara yang bisa saja masuk kedalam selang udara dan tercampur dengan bahan bakar.Resiko yang paling parah adalah air dapat masuk kemesin dan bisa membuat mesin motor rusak atau istilah perbengkelannya adalah turun mesin,atau air bisa menempel di injector dan menyebabkan injector mampet dan harus diganti.
 
Honda beat FI dan Honda pop
 
Honda beat FI dan honda pop
 


Tentunya keduanya akan sangat mahal; bilamana sampai terjadi kepada motor honda beat FI kita.Entah hal ini sudah diketahui oleh pihak honda ataukah sudah ada yang pernah membahas sebelumya.Saya sendiri tidak tahu,saya menuliskan ini bukan untuk menjelek-jelekan sebuah merek akan tetapi saya menulis hal ini hanya sebagian warning kepada para pecinta honda beat FI dan Honda Pop agar berhati-hati dalam  mempergunakan kendraannya agar tidak terjadi kerusakan yang fatal.

Semoga artikel ini bermanfaat,Mohon maaf jika tata bahasanya tidak bagus,karena saya sendiri baru belajar menulis .Jika berkenan silahkan dishare agar teman-teman yang lain bisa lebih aware.

1 Response to "Ternyata motor honda beat F1 atau Honda beat POP tidak boleh dipergunakan ketika hujan"

  1. Masukkan komentar Anda...sama lur,, punyaku juga begitu trus, tiap kali d pke pas ujan pasti kemasukan air dan pasir... bolak balik di bersihin tapi klo pas ujan lagi ya kemasukan air lgi... akibatnya motor jadi sering brebet klo di pake pas ujan... trus solusinya gmna lur...

    BalasHapus