Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening

kanker kelenjar getah bening atau yang biasa di sebut limfoma adalah sejenis kanker pada sistem sirkulasi limfatik sekunder yang tumbuh akibat terjadinya mutasi sel darah putih ( Limfosit) yang menjadi tidak normal seperti sebelumnya.



Limfosit/sel darah putih dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh seperti pada kelenjar getah bening,sum-sum tulang belakang,limpa,darah dan organ bagian dalam lainnya . Seperti halnya limfosit normal,mutasi ganas dari limfosit abnormal juga dapat tumbuh pada berbagai organ dalam tubuh.

Sistem limfatik adalah sistem kekebalan tubuh yang mengalirkan limfa atau getah bening ke dalam seluruh tubuh.Limfa atau getah bening sendiri berfungsi untuk melindungi tubuh dari virus,jamur atau bakteri yang dapat mengakibatkan infeksi pada tubuh kita.

Jenis Kanker kelenjar getah bening .


Jenis kanker sel getah bening yang umum ditemukan adalah Limfoma Non-Hodgkin (LNH). Sel kanker ini menyebabkan pertumbuhan tidak normal kelenjar getah bening,sehingga menggangu proses di sistem limfatik.

LNH sendiri dapat dibedakan menjadi 2 tipe berdasarkan pertumbuhan selnya yaitu tipe LNH indolen (low grade) yang berkembang secara perlahan dan tipe LNH agresif (high grade) yang berkembang jauh lebih cepat dari LHH indolen.

Pengklasifikasian tipe LNH ini sangat membantu dokter untuk menentukan terapi yang tepat bagi penderita kanker kelenjar getah bening. LNH agresif memiliki potensi lebih besar untuk disembuhkan karena sifatnya yang sangat senitif terhadap terapi.

Untuk Jenis kanker Kelenjar getah bening Non-Hodgkin mempunya potensi untuk dapat disembuhkan, jika anda mampu mengetahui gejala kanker getah bening ini dan segera berobat.

Berikut ini saya berikan gambaran gejala umum pada kanker kelenjar getah bening Non-Hodgkin?

Gejala-gejala umum kanker getah benning non-Hodgkin ini diantaranya adalah terdapat benjolan di leher, selangkangan dan ketiak,berat badan sobat turun secara drastis,demam yang tanpa sebab,dan atau berkeringat dimalam hari,dan rasa mudah lelah.

Ada beberapa tingkatan atau stadium pada kanker kelenjar getah bening Non-Hodgkin ini yaitu :



  • Stadium I

Limfoma masih terdapat pada satu kelompok kelenjar getah bening.



  • Stadium II

Limfoma sudah terdapat pada dua atau lebih kelompok kelenjar getah bening, dan berada pada satu sisi sekat antara rongga perut dan rongga dada ( diagfragma )



  • Stadium III

Sudah terdapat sel kanker kelenjar getah bening pada lebih dari dua kelompok kelenjar getah bening yang berada pada dua sisi diagfragma.



  • Stadium IV

Sel kanker kelenjar getah bening sudah menyebar keseluruh organ tubuh lain seperti di paru-paru, perut atau di sumsum tulang.

Ok sob itu yang bisa sedikit saya bagikan tentang kanker kelenjar getah bening.Semoga bisa bermanfaat buat kalian semua.Berikutnya saya akan penyebab terjadinya kanker kelenjar getah bening.

Source : www.kanker.roche.co.id

0 Response to "Gejala Kanker Kelenjar Getah Bening"

Posting Komentar