Pentingnya Investasi Hari Tua

Anda pasti sering melihat ada ibu-ibu atau bapak-bapak yang sudah renta tapi masih bekerja atau berjualan demi menghidupi dirinya dan atau anak-anaknya.Itu adalah alasan saya membuat tulisan ini,agar ketika tua nanti setidaknya kita masih memiliki penghasilan meskipun sudah tidak bekerja lagi.

Mempersiapakan hari tua adalah salah satu hal yang harus kita mulai pikirkan dari jauh-jauh hari agar nantinya kita tidak terjebak dimasa dimana kita sudah tidak mampu bekerja sedangkan kebutuhan hidup kita masih terus berjalan.

Bagi lelaki dari awal mulai bekerja sudah harus memulai menyiapkan segala sesuatunya.Itulah kenapa financial Planning itu menjadi sangat penting.Ketika kita masih muda dan single kita harus mulai menyiapkan anggaran untuk menikah,Ketika kita sudah menikah kita mulai menyiapkan anggaran untuk berumah tangga,mulai dari anggaran istri melahirkan hingga anggaran anak sekolah.

Ada baiknya semua itu dipikirkan dan dipersiapkan dari dini agar kita tidak kesulitan nantinya ketika dihadapkan dengan hal-hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa anda siapkan bagi anda yang bekerja dengan gaji pas-pasan dan bukan anak sultan,bagaimana caranya menyiapkan dana pensiun atau jaminan hari tua.

1.Menabung Emas 

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan hari tua anda adalah dengan menabung atau mencicil emas.

Hanya dengan 50 ribu rupiah anda bisa memulai berinvestasi emas,bahkan dibeberapa marketplace hanya dengan Rp.100 anda juga bisa berinvestasi emas.

Yang sudah saya lakukan saat ini adalah dengan mengikuti Tabungan Emas dari PEGADAIAN.Pembukaan awal rekening 50 ribu dan untuk berikutnya bisa disesuaikan dengan kemampuan anda,Seperti halnya kita menabung dibank konvensional,hanya uang yang kita tabungkan nantinya akan di konversi menjadi berat emas disesuaikan dengan harga emas saat anda menabung.Contohnya ketika harga emas per Gram Rp.750.000 dan anda menabung uang senilai 750.000 maka yang akan muncul dibuku tabungan emas anda adalah senila 1 Gram,bukan 750.000.

Kelebihan dari menabung emas ini adalah kita bisa menabung sesuai dengan kemampuan kita sehingga buat warga misqueen bisa memiliki emas hanya dengan menabung semampunya.

2.Investasi Reksadana

Dulu investasi reksadana hanya bisa dilakukan hanya oleh orang-orang yang memiliki uang banyak.Akan tetapi saat ini berbeda,banyak yang menawarkan investasi reksadana hanya dengan seharga rokok 1 bungkus saja.Contohnya Bukareksa yang dibuat oleh Bukalapak bagi anda yang ingin mencoba berinvestasi di reksadana.

Kelebihan dari investasi direksadana adalah selain bisa dibeli dengan harga yang bisa dibilang murah,investasi reksadana juga dikelola oleh manager investasi yang profesional sehingga anda sebagai investor tidak perlu lagi mengelola investasi yang anda miliki.Selain itu juga likuiditasya yang tinggi dapat membuat investasi reksadana dicairkan kapan saja dengan nilai yang berlaku saat penjualan.Anda tidak perlu takut uang anda akan habis atau hilang,selama anda tidak menjual reksadana anda diharga lebih murah ketika anda beli.

3.Investasi saham

Investasi saham adalah investasi yang paling menguntungkan diantara investasi lainnya.Kan tetapi semakin tinggi keuntungan semakin tinggi juga resiko yang anda bisa dapatkan.Saat ini banyak sekali sekuritas yang sudah go online dan meringkan investasi para investornya,Hanya dengan 100 ribu anda sudah bisa memiliki investasi saham.

Kekurangan dari investasi saham adalah,anda harus bisa menentukan saham dari perusahaan mana yang menguntungkan dan merugikan.karena kita tidak bisa sembarangan untuk membeli saham karena jika kita salah beli bukan untung yang kita dapatkan malah kerugian yang akan kita terima.

akan tetapi jika anda mampu memilih saham yang bagus modal anda bisa naik hingga 200% hanya dalam hitungan bulan.


Itu adalah beberapa peluang investasi yang bisa anda coba pertimbangkan.Yang harus anda ingat adalah utamakan investasi agar hidup anda jadi lebih baik,Karena anak adalah anak,mereka akan menikah dan mempunyai keluarga dan tidak sedikit yang akan meninggalkan orang tuanya.Untuk itu selagi kita masih muda mulailah berinvestasi mempersiapkan hari tua agar hari tua kita tidak menyusahkan siapa-siapa.Itulah pentingnya investasi hari tua

Bagi yang masih muda,jangan terlalu terlena,mulai investasi dari dini,mulai pelajari financial Planning agar hidup tidak jatuh kelubang hutang hanya demi memenuhi gaya hidup.Biaya pernikahan tidaklah murah,biaya melahirkan tiap tahun akan semakin naik,biaya pendidikan anak tiap tahun naik,Harga rumah tiap tahun juga naik.So,mulailah berencana agar hidup semakin terarah.

0 Response to "Pentingnya Investasi Hari Tua"

Posting Komentar